Home » » News !!! Gerhana Bulan Total Hiasi Langit Indonesia

News !!! Gerhana Bulan Total Hiasi Langit Indonesia

Written By Unknown on Saturday 4 April 2015 | 4/04/2015



  Hari ini 4 April 2015, akan menjadi hari yang unik bagi masyarakat Indonesia dan beberapa negara didunia. Pasalnya akan terjadi fenomena astronomi langka yang akan terjadi di Amerika Utara, Asia dan Australiayaitu gerhana bulan total "Bulan Darah". Salah satunya adalah negara Indonesia.

Hasil gambar untuk gerhana bulan
Gambar ilustrasi Gerhana Bulan Total "Blood Moon"

  Gerhana Bulan merupakan peristiwa cahaya Matahari terhalang oleh Bumi sehingga tidak semua cahaya sampai ke Bulan. Peristiwa tersebut diakibatkan dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan. Gerhana Bulan total terbagi menjadi beberapa Fase disebut ‘Gerhana mulai, Gerhana Sebagian mulai, Gerhana Total mulai, Puncak Gerhana, Gerhana Total Berakhir, Gerhana Sebagian Berakhir, Gerhana Berakhir’.
 Gerhana bulan parsial sebelum total terjadi pukul 17.52 - 18.57 WIB. Gerhana bulan total terjadi pukul 18.57 - 19.02 WIB. Gerhana bulan parsial pasca total terjadi pukul 19.02 - 20.44 WIB. Gerhana bulan samar terjadi pukul 20.44 - 21.58 WIB. 
 Fase dari Gerhana Bulan total hingga Gerhana total tersebut berakhir akan berlangsung selama 12,2 menit. Sementara itu, laporan BMKG juga menyebutkan bahwa seluruh proses Gerhana Bulan total dapat diamati dari Wilayah Papua bagian Timur.
 Hal ini mengingat Bulan sudah terbit sebelum fase Gerhana mulai terjadi. Adapun wilayah Papua bagian Barat, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sebagian Kalimantan bagian Timur akan mendapati Bulan dalam fase Gerhana Penumbra saat Bulan terbit.
 Sedangkan Kalimantan Timur bagian Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Jawa, dan Sumatera akan mengamati Bulan dalam fase Gerhana sebagian saat Bulan terbit.
 Menyambut gerhana, Kementerian Agama RI mengeluarkan imbauan untuk umat Muslim. Imbauan itu disampaikan melalui fans page Facebook.
Berikut ini imbauannya:
1. Melakukan salat sunnah gerhana secara berjamaah sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dan dianjurkan untuk bertakbir terlebih dahulu.
2. Memperbanyak zikir, doa, istighfar, sedekah, dan melakukan amal-amal kebajikan lainnya.


0 comments :

Post a Comment

Pelajar Indonesia

Pelajar Indonesia

Translate

Entri Populer

RSS

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.