Home » » Pengertian Gaya Gesek

Pengertian Gaya Gesek

Written By Unknown on Sunday 22 March 2015 | 3/22/2015

GAYA GESEK


Terjadi gesekan antara mobil,pesawat dengan udara,
dan juga mobil bergesekan dengan jalanan (aspal)
   Kali ini saya akan membahas tentang gaya gesek. Dan apa yang di maksud dengan gaya gesek? Seringkali anak kecil menanyakan kenapa mobil bisa berhenti dengan sendirinya tapi tahukah kalian bahwa mobil bisa berhenti karena gaya gesek. Saat mengerem ban mobil yang memiliki permukaan kasar dan bermotif itu bergesekan dengan jalanan yang kasar yang menyebabkan gaya gesek terjadi. Itulah mengapa mobil bisa berhenti saat berjalan.

   Gaya gesek adalah gaya yang timbul akibat sentuhan langsung antara dua permukaan benda. Gaya gesekan selalu memiliki arah yang berlawanan dengan arah gerak benda.

   Ada tiga faktor yang mempengaruhi besarnya gaya gesek, yaitu :

1. Kekasaran atau kehalusan permukaan benda.
2. Luas permukaan benda
3. Gaya berat benda

   Gaya gesek pada benda dapat menguntungkan dan merugikan manusia.Gaya gesek yang dapat menguntungkan manusia adala sebagai berikut.
1. Manusia dapat berjalan di atas tanah dengan nyaman. Jika tidak ada gaya gesek, mustahil dapat berjalan karena pasti akan tergelincir.
2. Gaya gesekan antara ban mobil dengan jalan membuat mobil dapat bergerak dengan baik. Jika tidak ada gaya gesek, mobil tidak dapat bergerak dengan baik karena mobil tersebut pasti tergelincir.

  Kerugian gaya gesek bagi manusia adalah sebagai berikut.
1. Gaya gesekan pada bagian-bagian yang ada dalam mesin mobil atau motor dapat menimbulkan panas yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan mesin mobil cepat rusak. Untuk mengatasi hal ini mesin diberi oli untuk memperkecil gesekan bagian-bagian pada mesin.
2. Gesekan antara ban mobil dan jalan menyebabkan ban mobil cepat aus. Selain itu, gesekan ini dapat menghambat gerak mobil sehingga mobil tidak dapat bergerak dengan kelajuan tinggi.

0 comments :

Post a Comment

Pelajar Indonesia

Pelajar Indonesia

Translate

Entri Populer

RSS

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.