Home » » Udara Pernafasan Manusia

Udara Pernafasan Manusia

Written By Unknown on Saturday 21 March 2015 | 3/21/2015



Udara Pernafasan

Seseorang sedang menghirup udara segar
                           

   Kali ini saya membuat artikel yang bertemakan udara pernafasan. Bernafas adalah kegiatan manusia untuk mengambil oksigen di dalam udara dengan menggunakan organ paru-paru.Tahukah anda bahwa manusia memiliki udara pernafasan? Paru-paru manusia memiliki kapasitas tententu dalam bernafas. Dan pada artikel ini saya akan menjelaskan macam macam udara pernafasan. Macam-macam udara pernafasan adalah sebagai berikut :

a.) Udara residu (UR) : Kapasitasnya kurang lebih 1.000 mL, yaitu udara yang selalu ada di dalam paru-paru.

b.) Udara pernapasan (UP) : Kapasitasnya kurang lebih 500 mL, yaitu udara yang keluar masuk paru-paru pada saat bernapas seperti biasa.

c.) Udara komplementer (UK) : Kapasitasnya kurang lebih 1.500 mL, yaitu udara yang dapat dipaksa untuk masuk paru-paru bila menarik napas kuat-kuat.

d.) Udara cadangan (UC) : Kapasitasnya kurang lebih 1.500 mL, yaitu udara yang dapat dipaksa untuk keluar paru-paru bila menghembuskan napas sekuat-kuatnya.

e.) Kapasitas vital (KV) : Kapasitasnya kurang lebih 3.500 mL, yaitu udara maksimum yang dapat di hiap atau di keluarkan paru-paru (UP + UK + UC).

f.) Kapasitas total (KP) : Kapasitasnya kurang lebih 4.500 mL, yaitu udara yang dapat tertampung secara maksimal di dalam paru-paru (KV + UR).

   Sekian sobat artikel yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan. Mohon maaf juga bila ada kesalahan dalam penulisan kata.

 TERIMAKASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI

0 comments :

Post a Comment

Pelajar Indonesia

Pelajar Indonesia

Translate

Entri Populer

RSS

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.